0

MultiMedia


Pengenalan dan Definisi Multimedia Apa Itu Multimedia ?
Menurut Asal Katanya :

  • Multi berarti many, much, multiple, banyak
  • Medium (pl. media) berarti Sesuatu yang menghubungkan antara suatu kondisi dengan kondisi yang lain

Apa itu Multimedia ?

Contoh kombinasi media:

  • Kombinasi dari media film, musik, pencahayaan, CD-Rom, dan Internet sebagai alat pendidikan atau hiburan
  • Kombinasi dari media televisi, radio, percetakan, dan internet sebagai Alat publikasi atau advertising

Definisi Multimedia

Multimedia merupakan kombinasi antara
media text, grafik/image, animasi, suara/sound dan video yang terintegrasi dalam suatu komputer. (Computer Science)


  1. Multimedia berarti menggabungkan beberapa komponen yang berbeda:




    • Supports: floppy, CDROM, DVD, Internet, PC, laptop
    • Devices: monitor, loudspeakers, tablet, gloves,microphone
    • Media types: text, graphics, images, animation, sound,video
  2. Media dapat berupa collected atau integrated
  3. Aliran media dapat sequential atau nonsequential
  4. Multimedia Interactive vs. non-interactive
  5. Hypertext dan hypermedia
  6. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch,1960)
  7. Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996)
  8. Multimedia adalah kombinasi paling sedikit dua media input dan output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi,video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk,2002)
  9. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yangdinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video(Robin dan Linda, 2001)
  10. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. (Hofstetter, 2001)

     Apakah sistem multimedia itu?
  • Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya daripada media tabel dan grafik konvensional.
  • User dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak, atau animasi, dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau musik.
  • Citra visual dapat dimasukkan ke dalam sistem dari paket perangkat lunak yang menggabungkan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optik.
  • Input Audio dapat dimasukkan melalui mikrofon, pita kaset, dan compact disc.
  • Output visual dapat ditampilkan di layar komputer dan di monitor televisi yang tersambung.
  • Output audio dapat disediakan oleh alat output suara, speaker stereo, dan headset.
Sejarah Multimedia
  • Istilah multimedia berawal dari teater,bukan komputer.
  • Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
  • Pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
  • Sistem Multimedia





    • Pada akhir 1980-an diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987.
    • IBM mengumumkan pada tahun 1989, mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection dan Video Adapter Card PS/2.
    • Pada tahun 1994, ada lebih 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.

komponen penting
  • Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan kita.
  • Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
  • Harus ada alat navigasi yang memandu kita,mejelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
  • Multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia
Collected VS Integrated
  • Collected
    - Hanya merupakan kumpulan media

    - Tidak ada usaha penggabungan, pemisahan, atau integrasi media

    - Tidak ada sinkronikasi antar media

    - Penggunaan media cenderung terpisah

    - Contoh: Multimedia email
  • Integrated
    - Terdapat usaha untuk membuat semua
    media yang tergabung saling bersinergi.
    - Pembuat multimedia memilih dan memadu-padankan media.

    - Apikasi dapat berjalan setelah terdapat beberapa proses sinkornisasi
    antar media
Non Sequential VS Sequential
  • Non-sequential multimedia
    - Dalam aplikasi disediakan suatu path tertentu
    - Pengguna memiliki kuasa penuh terhadap aplikasi, apa yang akan dilihat/didengar pertama kali, apa yang ingin dilihat setelah itu.
    - Examples: DVD
  • Sequential multimedia
    - Multimedia ditampilkan tidak tergantun keinginan user

    - Contoh: videoconference, video-on-demand
Non Interaktif VS Interaktif
  • Non interactive multimedia
    - Control user terhadap aplikasi sangat minimal atausama sekali tidak ada

    - Contoh: videoconference, DV(pengguna hanya
    dapat berpindah dari satu scene ke scene yang lain)
  • Interactive multimedia
    - Aplikasi didesain dengan suatu struktur relasi antar media

    - Aplikasi menyediakan banyak alternatif path

    - User mempunyai control penuh terhadap aplikasi,
    tidak hanya term “where to go” tetapi juga term “when to jump”
Hypertext VS Hypermedia
  • Hypertext nodes and links
    - Nodes (pages)
  • Informasi yang terhubung
    - Links (arrows)
  • Menghubungkan dengan informasi
  • Link merupakan hubungan tidak langsung antar node, yang bermula di node sumber danberakhir di node tujuan
  • Link memungkinkan navigasi dan interaksi
  • Hypertext
    - Non-sequential

    - Tidak terdapat urutan yang menentukan rangkaian informasi yang dapat
    dilihat
    - Terdapat beberapa path yang menghubungkan dua struktur

    - Aplikasi harus menyediakan path alternatif
  • Hypermedia
    - Tidak hanya menampilkan media teks

    - Node dari media yang berbeda dapat dihubungkan

    - nodes dapat berupa text, sound, video, graphics, animations.
    - links dapat berupa text, graphics, icons dan lain-lain. Objek Multimedia
  • Teks
  • Image/Grafik (2D/3D)
  • Animasi
  • Sound
  • Video
Key Word
  • Interaktif _ Dapat dilihat, didengar, dan dapat berinteraksi
  • Links _ Dapat menjelajahi jaringan informasi
  • Navigational _ Dapat menghubungkan dengan informasi
  • Kreatif _ Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman

    Aplikasi Multimedia
  • Education & Training: interactive CD
  • Leisure & Entertainment: digital/interactive TV, video on demands, DVD, videogames
  • Information & Advertising: kiosks, internet,CDs
  • Communication: videoconferencing,
  • Science: 3D graphics
  • Support to disabled people: videophone, head pointing, synthesised



0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top